Kamis, 14 Mei 2009

AKU KANGEN TROWULAN........

aku bukan lahir disana, juga ga besar di sana.....tapi aku alami hal ' besar ' disana.....
.....jarang banget aku kesana.....malem ini jadi kangen banget....itu bukan rumah tinggal ku....sebut aja villa (soalnya asli buat ngelepas stress) biar keren....banyak sodara ku yang disana juga bukan sodara kandungku, "bapak" juga bukan ayahku, dan sang "eyang" juga bukan kakekku. tapi kita semua satu...akhirnya jadi keluarga deh....seru kan

lama aku ga mengunjungi 'rumah' ku...tempat aku n banyak 'sodara' + 'eyang-eyang' ku ngobrol, ngumpul, share, n ber main main. disana gemerlap, terang, jauh dari kesan angker, tapi ga ada TV nya...hehehe...cuma ada tape kecil yang biasa disetel lagu gending jawa sama "bapak".
disana tempat paling nyaman klo lagi stag di surabaya...klo otak lagi penuh, lari deh kesana (abis itu balik ke sby, otak jadi penuh lagi....duh masalah dunia ga abis-abis....) .

ga jauh dari sana banyak tempat excited, ada KOLAM SEGARAN. duh inget waktu hujan deres petir di atas keras banget bunyinya...aku ama bapak+ 2 sodaraku di segaran...airnya anget...kita nyemplung ke tengah buat nanem (nenggelamin) 1 bunga mawar di dasar segaran. kolam airnya ga dalam kok...cuma sebatas pinggang. banyak yang bilang disana tempat rekreasi para Raja Jaman Mojopahit dulu, banyak juga yang berpendapat tempat latihan renang prajurit....tapi menurut sumber yang saya percaya (orang Kuno mungkin) dulu segaran tidak ada airnya....disanalah para tamu raja menunggu untuk masuk dalam pendopo. dan letaknya lebih rendah dari jalan. mungkin filosofinya " ANDAP ASOR " para tamu/raja yang bertamu diharuskan merendahkan hati sebelum diagungkan sang raja di pendopo nantinya.

aku juga kangen nuansa malam di sana....suara gending dari rumah batu ku....suara kodok di sebelah...gelap tapi diterangi bulan....bau dupa n menyan dari orang yang mengharap sesuatu di makam sekitar rumah'ku....semua lengkap....(kayaknya ga ngerasa klo dah jaman modern nih). apalagi kangen ama KABUT TROWULAN nya ...kabut disana emang aneh, nyata lho bukan gaib....karena sesuai struktur Geologi, Trowulan bukan dataran tinggi, jauh juga dari gunung Arjuno. monggo klo ingin membuktikan, saat melewati trowulan dari jalur Surabaya-Jombang klo anda beruntung anda akan menemukan kabut nya. ga perlu nunggu hujan deres untuk ketemu dengan si kabut...area nya juga luas banget....mulai masuk trowulan hingga mojoagung....konon KABUT itu yang menyelimuti luasnya area ' kota raja' majapahit. yah anggap aja itu fenomena alam yang ga perlu kita cari dalem2 maknanya....biarkan jadi rahasia 'mereka' dan Dia.

di rumah batu itu, aku ngerasa inilah hidup, pagi ampe malem terasa banget...banyak hal yang bisa kita buat pelajaran, banyak ide dan filosofi yang kayaknya sederhana, jauh dari teknologi (maklum orang desa), tapi ga pernah kita pikir, sekilas sih biasa....tapi ternyata daleeeemmmm.
ternyata filosofi ga cukup didenger n di baca....tapi direnung dan dirasa..... ntar kita bagi-bagi rasa deh.....tapi sekarang......AKU LAGI KANGEEEEEENNNN AMA TROWULAN!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar